Artikel Kesehatan 5 Alasan untuk Berhubungan Intim

Takhanyameningkatkan romantisme, seks juga memberikan manfaat untuk kecantikan.

Berikut adalah lima alasan mengapa seks merupakan hal yang penting untuk dimasukkan dalam kegiatan rutin Anda:

1. Pelepas stres
Ini berhubungan dengan menurunnya tekanan darah, yang berakibat pada penurunan stres setelah melakukan hubungan intim. Jurnal Biological Psychology mencatat bahwa orang-orang yang secara rutin bersanggama bisa menghadapi situasi yang membuat tertekan lebih baik ketimbang mereka yang tidak aktif bersanggama. Studi lain mengatakan kegiatan bersanggama rutin erat kaitannya dengan tekanan darah yang rendah. Dengan lepasnya stres, Anda akan terlihat lebih ceria dan segar.

2. Membakar kalori
Melakukan seks selama kurang lebih 30 menit bisa membakar 85 kalori atau lebih. Mungkin tak terdengar banyak, namun jika dihitung-hitung; 42,5 jam melakukan seks akan membakar 3.570 kalori, lebih dari cukup untuk membakar 1 pon berat badan. ”Seks adalah kegiatan berolahraga yang menyenangkan dan efektif, dibutuhkan tenaga fisik dan perspektif psikologi untuk mencapainya, ” ujar Patti Britton, PhD, seksologis asal Los Angeles, dan pimpinan American Association of Sexuality Educators and Therapists.

3. Mendorong kepercayaan diri
Peneliti dari Universitas Texas, Amerika, mendapati bahwa sebanyak 237 orang mengatakan mereka melakukan hubungan intim untuk mendorong kepercayaan diri mereka. Terapis seks dan hubungan pernikahan dan keluarga, Gina Ogden, PhD, dari Cambridge, Massachussetts, mengatakan bahwa salah satu alasan orang berhubungan intim adalah untuk merasa baik akan dirinya sendiri. “Seks yang baik diawali dengan kepercayaan diri, lalu ia akan menambahkan kepercayaan diri itu. Jika seks yang Anda lakukan itu dilandasi kasih sayang, membuat Anda merasa terhubung, dan seks ini adalah yang Anda inginkan, maka ia akan membuat kepercayaan diri bertambah,” terangnya.

4. Memperkuat otot pelvis
Selama bersanggama wanita juga sekaligus melakukan kegiatan mengencangkan otot pelvis -dikenal sebagai latihan Kegel. Hal ini akan memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Tak hanya membuat Anda mendapatkan kepuasan lebih, tapi juga mengencangkan daerah tersebut untuk membantu menurunkan risiko di masa depan.

5. Membuat tidur lebih pulas
Zat oksitosin yang dikeluarkan otak Anda ketika mengalami orgasme akan membuat Anda tidur lebih pulas. Tidur pulas sering dikaitkan dengan kesehatan lebih baik dan membantu Anda tampil lebih segar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: